Popular Post

Posted by : Nirmala Tilami Senin, 02 Februari 2015

Setelah mengetahui jenis bahan yang dipakai untuk memproduksi boneka, sekarang saatnya berbagi info tentang cara pembuatan boneka. Penasaran kan gimana sih awal mula proses pembuatan boneka yang lucu dan menggemaskan itu?

Begini nih proses pembuatannya:

Sebelumnya kalian semua pasti sudah tahu apa isi dalam boneka agar terlihat lucu yang dapat dipeluk dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak?

Ya betul, bahan isian boneka adalah Dakron. Dacron/dakron adalah sekumpulan serat kapas yang digunakan untuk keperluan tekstil sebagai bahan isi bantal, guling, dan juga boneka. Dacron merupakan nama dagang dari serat tekstil yang terdiri dari Polyester Sintetis yang dibuat oleh perusahaan Du-Pont dari Inggris. Dacron sendiri memiliki tingkatan mutu dan kualitas yang berbeda. Nah, Dacron dengan kualitas terbaik biasa disebut dengan silicon. Banyak orang yang bingung membedakan antara Dacron dan silicon. Sebenarnya kedua bahan ini sama, hanya beda pada kualitasnya. Tapi, baik Dacron atau silicon, kedua bahan ini sama - sama memiliki kualitas yang baik untuk dijadikan isian boneka. Jika dibandingkan kapuk atau busa.

Macam-macam koleksi boneka (boneka lucu animasi)


Bahan dacron ini tidak mudah kisut, mudah dicuci, cepat kering dan mempunyai daya serap tinggi. Sebenarnya dacron ini agak keras, tetapi jadinya bisa membentuk bantal, guling, maupun boneka agar lebih berisi dan terlihat rapi. Boneka yang diisi dakron  memiliki bobot ringan dan mengembang dengan baik. Kelebihan lain dari dakron adalah dapat dipres/divakum jika kalian ingin membawanya secara praktis atau mengirimkan menggunakan ekspedisi agar tidak kena biaya volume yang besar. Boneka Dacron juga mudah dalam perawatan dan dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci jika kotor.

Berikut langkah-langkah pembuatan boneka:
1.      Membuat Pola
Setelah memilih bahan boneka, selanjutnya adalah proses membuat pola boneka yang akan diproduksi. Pola ini nantinya akan menjadi pola baku yang akan digunakan untuk membuat boneka berikutnya dan seterusnya. Maka dari itu buatlah pola sebaik-baiknya semirip karakter asli dari boneka yang akan dibuta. Cara membuat pola adalah dengan menggambarnya diatas kertas sama seperti menggambar pola untuk baju dan yang lainnya. Atau jika kalian kurang bisa menggambar dengan baik bisa dengan melakukan googling atau pencarian di search eangine. Setelah pola boneka anda temukan simpan dan cetak pola tersebut.

2.      Membuat Prototype
Pola boneka lucu yang suda kalian buat tadi selanjutnya akan di buatkan sebuah prototype/contoh boneka atau nama lainnya model. Jika prototype ini sudah sesuai dengan bentuk boneka yang diinginkan maka dapat dilanjutkan dengan proses atau langkah berikutnya. Tapi Jika prototype yang jadi kurang sesuai dengan hasil boneka yang di maksud, kalian bisa  melakukan revisi atau perbaikan pada pola tadi sampai sesuai dengan boneka yang di pesan atau diinginkan.

3.      Membuat Mal (Moulding)
Mal atau moulding adalah cetakan boneka. Setelah prototype disetujui atau sesuai dengan permintaan klien, selanjutnya adalah proses membuat Mal/Cetakan boneka. Mal ini tidak bisa diubah-ubah lagi ukuran dan bentuknya. Mal ini digunakan untuk memotong dan mengukur kain boneka. Jadi mal terdiri dari potongan-potongan pola seperti kepala boneka, badan, tangan, kaki sesuai dengan model yang diinginkan. Setelah mal selesai dibuat, maka kain siap di potong sesuai dengan Mal yang sudah dibuat tadi. Tempelkan semua mal diatas kain/bahan boneka, dan potong sesuai arah serat kain.

4.      Menjahit Pola Boneka
Setelah bahan boneka di potong sesuai dengan Mal saatnya menjahit boneka. Satukan mal satu sama lain sesuai dengan bentuknya masing-masing. Jangan lupa sisakan beberapa lubang untuk memasukkan isi boneka yaitu Dacron.

5.      Pengisian Dacron
Langkah berikutnya adalah memasukkan dacron atau isi boneka kedalam badan boneka yang sudah dijahit tadi. Ada rumus tertentu yang digunakan untuk menghitung berapa gram jumlah dacron yang dibutuhkan untuk mengisi boneka agar menjadi boneka yang bagus dan proporsional. Volume dacron yang dimasukkan akan sangat menentukan keindahan hasil boneka lucu yang dibuat.

6.      Penambahan Aksesoris
Langkah terakhir penambahan aksesoris boneka. Untuk menyempurnakan dan membuat semakin menarik, boneka yang dibuat  ditambahkan aksesories seperti mata, hidung, pita dan lain-lain.  Ada kalanya ditambahkan pita untuk mempermanis boneka dan bisa juga di tambahkan scarf yang lucu di leher boneka. Atau menambahkan aksesoris daun bambu untuk boneka panda, seakan mirip sekali dengan yang aslinya.

Sekian info tentang proses pembuatan boneka lucu. Semoga bermanfaat untuk kalian semua agar bisa mencobanya sendiri jika kalian berminat untuk membuat pabrik boneka nantinya.  Amiiinnn..

Salam Boneka Lucu Animasi ^^


Untuk info dan pemesanan berbagai boneka lucu silakan hubungi:
Pin BBM          : 7A637F4D
HP                    : 081296054940

Kami menyediakan berbagai macam boneka karakter, matras boneka, sofa boneka, bantal foto, karpet rasfur, karpet foto, dan lain sebagainya. Kami menjual boneka secara grosir dan eceran, dan juga melayani pesanan boneka sesuai dengan keinginan Anda.

  • Lagi cari furniture awet berbahan jati dengan gaya minimalis? Yuk langsung kunjungi: mebeljeparaminimalis
  • Mau umroh dengan harga murah dan fasilitas mewah? Yuk langsung kunjungi: umrohmurahmewahberkah
  • Bingung cari rumah yang akan ditempati atau sekedar disewakan di lokasi cikarang? Yuk langsung kunjungi: jualrumahcikarang
  • Buat yang berhijab, mampir yuk ke gudang hijab murah asli handmade sendiri : jualjilbabmurah
  • Mau custom cincin pernikahan cantik dengan berbagai model? Yuk mampir ke cincinpernikahandepok 

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. Harus benar-benar teliti yah gan cara membuatnya :)
    http://goo.gl/Q0zPz4

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. baguss gann .sangat membantu saya :D
    tips dan trick luar biasa.pengen coba ah :D


    mohon kunjung gan ke starscream55.blogspot.com

    BalasHapus
  4. trimakasih gan sudah berbagi ilmu semoga bermanfaat bagi para pembaca salam sukses,,

    BalasHapus

- Copyright © BONEKA LUCU ANIMASI - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -